Friday, 1 June 2018

Download Arsip Soal Politeknik Lengkap 2011-2018 Se-Indonesia Update Juni 2018

POLITEKNIK NEGERI
Menurut data yang kaka punya ini lah Politeknik Negeri yang banyak di gandrungi kaka kelas ade-ade semua untuk mengalihkan kegalauan saat SNMPTN,SBMPTN atau UM-PTN.
Bukan berarti mahasiswa/mahasiswinya pada galau..justru kaka kelas ade-ade semua sangat berterimakasih atas ilmu yang didapat saat Kuliah berlangsung..Bahkan ada beberapa mereka langsung memiliki lapangan pekerjaan.
Dibawah ini adalah kutipan dari kaka kelas ade-ade semua.


POLITEKNIK NEGERI SEMARANG [polines]

Oh ya, sebelumnya ingin kuberitahukan kalau aku ini lulusan SMK, iya SMK dan kalian tahu kan prioritas anak SMK itu harus apa? Yupps Kerja, kita sebagai anak SMK dari awal memang dibimbing dan diarahkan untuk bisa bekerja setelah lulus nanti, bayangkan saat masuk kelas X saja kita sudah harus menetukan jurusan yang akan kita tempuh selama tiga tahun kedepan, berbeda dengan anak SMA yang baru penjurusan ketika kelas XI. Dan kalian yang anak SMK pasti pernah merasakan kebingungan yang aku rasakan, kebingungan tentang memilih masa depan. Bingung setelah lulus mau kuliah atau kerja? Dan itu yang aku alami. Alasan aku dulu memilih SMK sih sepele, seperti yang dikatakan diatas lulusan SMK itu kalau lulus bisa milih mau kerja atau kuliah, bagiku kalau bisa dapat dua kenapa kita harus memilih yang satu. Mungkin bener sih kalau anak SMK itu bisa kerja dan kuliah. Kerja? Bisa banget apalagi di SMK tempatku bersekolah dulu SMKN 2 Kendal terdapat BKK (Bursa Kerja Khusus) yaitu bagian yang menangani masalah siswa siswa yang mau kerja dari mulai pendaftaran, info lowongan pekerjaan, dan sebagainya. Kuliah? Bisa sih, buktinya aku bisa kuliah, tapi susah, susah buat masuknya, mungkin bagi kalian anak SMK tahu maksudku.

Waktu itu saat udah mau lulus aku masih bingung menentukan pilihan antara kerja atau kuliah, sebenarnya dari lubuk hatiku yang paling dalam aku pingin kuliah belum pingin kerja, tapi aku juga harus berfikir dua kali karena kuliah itu nggak makan biaya yang sedikit. Karena masih ngeraba-raba akhirnya kucoba semua. Ada recruitment aku coba daftar, ada pendaftaran kuliah baik itu SNMPTN maupun SBMPTN aku juga daftar. Awalnya semua berjalan lancar-lancar saja, tapi masalah ini mulai kompleks setelah aku lolos seleksi tertulis dan mendapat panggilan wawancara perusahaan ke Bandung dan Jakarta. Yang aku takutkan cuma satu, bagaimana kalau aku ketrima? Itu artinya aku harus memilih bekerja dan meninggalkan mimpiku untuk kuliah. Mulai dari itu aku memutuskan bahwa ini nggak bisa dilanjutkan, aku harus memilih salah satu antara kerja atau kuliah. Akhirnya dengan pemikiran yang matang dan diskusi dengan orang tua aku memutuskan untuk kuliah dulu. Tapi masalah tidak berhenti sampai disitu saja, sudah memantapkan hati untuk kuliah artinya aku juga harus siap bersaing dengan puluhan ribu orang-orang diluar sana yang ingin masuk ke kampus impian. SNMPTN atau jalur prestasi akademik adalah langkah awal, masih kuingat dulu prioritasku adalah Pendidikan Teknik Elektro UNNES, kenapa? Karena sesuai dengan jurusanku di SMK, ya aku anak elektro, kata orang kalo mau lolos SNMPTN itu harus milih sesuai dengan jurusannya di SLTA. Daripada gagal aku memilih cari aman saja. Dan saat pengumuman ternyata namaku dinyatakan tidak lolos di Universitas manapun, sediiiih. Tetapi aku tak boleh menyerah, masih ada jalur lain, SBMPTN amunisiku berikutnya, masih kuingat moment ini sangat lucu sekali kalau diceritakan, SBMPTN adalah seleksi tulis dan materinya naudzubillah susahnyeee minta ampun. Prioritasku pada saat itu adalah Pendidikan Matematika, Matematika, dan Sastra Inggris yang semuanya aku mendaftar di UNNES. Kalian perhatikan prodi yang aku ambil, Aku daftar di Campuran gaees, sok banget anak SMK daftar kelompok campuran yang artinya aku harus menempuh dua tes baik itu Saintek dan Soshum. Waktu itu tesnya di UIN Walisongo Semarang, tes SBMPTN dimulai jam 07.00 itu artinya nggak mungkin kalau aku berangkat dari rumah, maka kuputuskan untuk berangkat satu hari sebelumnya bersama temanku Rangga yang kebetulan juga tes disana, kami memutuskan mencari penginapan untuk malam ini saja, tetapi seharian mencari aku tidak mendapatkannya. Aku bingung harus bagaimana. Tiba-tiba Rangga mengecek hapenya dan menemui kontak salah satu kakak kelasku SMP yang kebetulan kuliah disana, kita hubungi dia dan karena kakak kelasku itu perempuan ia merekomendasikan kami tidur dikontrakkan temennya yang laki-laki, syukurlah. Kita pergi kekontrakan temen kakak kelasku yang diketahui bernama Fikri. Sampai disana kita masih kaku tak tahu harus berbuat apa, bener-bener kikuk tinggal dengan orang yang tidak kita kenal, aku berharap malam ini cepat usai. Tapi entah masih ingat atau tidak, buat mas Fikri makasih ya atas tumpangannya, hahaha. Keesokan harinya hari yang ditunggu tiba dan deeeg aku nggak bisa ngerjain apa apa, sumpah ya ini soal lebih susah dari soal Olimpiade manapun yang pernah aku kerjakan. Lupakanlah aku sudah bisa menebak hasilnya. Ya TIDAK DITERIMA. Aku nggak boleh menyerah, masih banyak jalur yang bisa kutempuh, akhirnya aku ikut UMPN Polines, Polines? Awalnya aku ragu, aku ini ingin masuk ke Universitas, bukan Politeknik karena memang berbeda, di Universitas hal yang kita pelajari 70% Teori dan 30% Praktik, sedangkan di Politeknik 60% Praktik dan 40% Teori. Jujur ya aku lebih suka teori daripada praktik. Tetapi yang namanya kesempatan nggak boleh disia-siakan. Akhirnya aku mendaftar Teknik Listrik Polines jalur UMPN, sebenarnya jalur ini juga menggunakan tes tulis tapi soalnya nggak sesusah soal-soal SBMPTN, cocoklah untuk kapasitasku yang memang lulusan SMK, dan saat pengumuman ternyata aku diterima. Thanks God, mungkin memang harus seperti ini, mungkin memang ini jalannya. Aku berjanji tidak akan menyia-nyiakannya. Setelah itu aku mulai berfikir positif saja. Allah selalu punya cara untuk membahagiakan umatnya. Tak penting dimana kita berpijak sekarang, yang terpenting kearah mana kaki ini akan melangkah. Mungkin nama Polines tak setenar nama UGM, UNDIP, UNNES, atau apalah, tapi sekarang yang terpenting adalah pribadi kita, Ikan kecil dikolam yang besar bukanlah apa-apa, tetapi ikan besar dikolam yang kecil? Itu baru LUAR BIASA.
Sumber Artikel By akhmadsuryanto


POLITEKNIK NEGERI JAKARTA [PNJ]


Latar Belakang Politeknik Negeri Jakarta, sejarahnya bermula dari fakultas non gelar teknologi Universitas Indonesia [ FNGT-UI ] , yang kemudian menjadi Politeknik Universitas Indonesia.

Politeknik Universitas Indonesia didirikan 20 September 1982, sejak 25 Agustus 1998 menjadi mandiri dengan nama Politeknik Negei Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor: 207/O/1998.

Ketika didirikan, dibuka 3 jurusan: Jurusan Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Teknik Elektro. Menyusul tahun 1986 dibuka jurusan Tata Niaga, yang selanjutnya dikembangkan menjadi Jurusan Akuntansi dan Jurusan Administrasi Niaga. Pada tahun 1990 dibuka Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, hasil kerjasama antara Politeknik Universitas Indonesia [ Politeknik Negeri Jakarta ] dengan Pusat Grafika Indonesia. Kemudian bekerjasama dengan PT Trakindo Utama, dibuka Program Studi Alat Berat dibawah Jurusan Teknik Mesin yang dimulai tahun ajaran 2001-2002. Pada tahun 2003 bekerjasama dengan PT Jasa Marga, dibuka Program Diploma IV Jalan Tol.

Pada saat ini Politeknik Negeri Jakarta [ PNJ ] yang merupakan pendidikan tinggi vokasi mempunyai tujuh jurusan dan 34 program studi dengan jenjang Diploma [ A.Md. ] dan Sarjana Terapan [ S.Tr. ]. Pada tahun 2016, Jurusan Teknik Elektro telah membuka Program Magister Terapan Teknik Elektro [ MTTE ] dengan gelar M.Tr. Para lulusan PNJ telah melakukan uji kompetensi kepada 1600 lulusan sebagai wujud Permenristekdikti Nomor 14 tahun 2015, yang bertujuan menyiapkan lulusan yang kompeten.

Politeknik Negeri Jakarta [ PNJ ] merupakan lembaga pendidikan tinggi Diploma III yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan SDM profesional di industri, baik industri jasa maupun industri manufaktur. Pembelajaran di PNJ mengaplikasikan Kurikulum Nasional [ Kurnas ] pendidikan profesional secara bertanggung jawab dengan didukung oleh dosen-dosen profesional. Sistemnya adalah dengan mempertemukan ilmu dan teknologi sesuai komposisi teori 55% dan praktek 45% yang diaplikasikan secara harmonis untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan memenuhi kualifikasi industri.

"Menjadi Politeknik Unggul Bertaraf Internasional Untuk Mendukung Daya Saing Bangsa"

Sumber Artikel By Politeknik Negeri Jakarta


POLITEKNIK NEGERI MALANG [polinema]


Apa itu pendidikan vokasi di POLITEKNIK ?
Pendidikan Vokasi di Politeknik dibentuk untuk mencetak tenaga profesional tingkat menengah di suatu industri atau institusi. Salah satu ciri dari pendidikan vokasi di politeknik adalah porsi pendidikan teori 30% dan praktek 70%. Sementara pendidikan di universitas porsi pendidikan teori 60-70% dan praktek 30-40%.

Dalam mempersiapkan generasi muda untuk menjemput masa depannya, belajar teori atau konsep saja tidak cukup. Mahasiswa, sebagai komponen penting dari generasi muda, perlu memperbanyak jam belajar prakteknya. Di POLITEKNIK, setiap teori atau konsep, harus bisa diwujudkan atau diuji dalam bentuk praktek nyata. Teori yang dipelajari jika kurang dipraktekkan, hanya akan menjadi wacana saja. Di jaman sekarang, dunia industri atau dunia kerja nyata, masyarakat yang mempunyai banyak wacana sangat cocok untuk dibentuk menjadi masyarakat konsumen dari hasil industri. Sementara, sebagian dari anggota masyarakat, yang terpilih bekerja di industri, harus mempunyai kompetensi dengan banyak pengalaman praktek, agar mampu menjalankan aktivitas dari industi tersebut secara profesional.

Siapkah masyarakat Indonesia menghadapi MEA ?
Tahun 2015 merupakan tahun krusial (penting) bagi bangsa Indonesia, juga bagi masyarakat ASEAN. Jika memang harus diterapkan, tahun 2015 akan menjadi tahun mulai diberlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).

Pembentukan pasar tunggal yang disebut dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini kelak memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat.

Masyarakat Ekonomi Asean tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional, seperti dokter, pengacara, akuntan, ahli robotika, ahli telekomunikasi, ahli pembuat software, super-programmer Android, ahli perancang grafis dan animasi, dan ahli-ahli khusus lainnya. Artinya, dengan diberlakukannya MEA di Indonesia, tenaga kerja di Indonesia akan menghadapi persaingan dari tenaga-kerja lain dari Asia Tenggara. Persaingan di bursa tenaga kerja akan semakin meningkat menjelang pemberlakuan pasar bebas Asean pada akhir 2015 mendatang.

Ini akan mempengaruhi banyak orang, terutama tenaga kerja yang berkecimpung pada sektor keahlian khusus.

Dalam menghadapi persaingan di pasar MEA, seorang yang belajar di perguruan tinggi tidak cukup hanya puas dengan jaket mahasiswa, kartu mahasiswa, dan status mahasiswa saja. Mahasiswa sebaiknya harus belajar teori dan praktek yang cukup, agar kelak ketika lulus menjadi unggul dan dapat bersaing di dunia kerja nyata.

Sayangnya, untuk menyediakan pendidikan praktek di POLITEKNIK, tidaklah murah. Fasilitas praktek seperti laboratorium dan peralatannya yang sesuai dengan perkembangan industri, sangat mahal. Untuk hal itu, penyediaan fasilitas praktek di POLITEKNIK tersebut dibantu oleh pemerintah.

Karena itulah, jika Anda, sebagai generasi muda memperoleh tawaran untuk belajar di POLITEKNIK, dan Anda memilihnya. Artinya Anda harus sanggup membentuk bangunan pengetahuan, ketrampilan dan attitude Anda menjadi lengkap teori dan prakteknya, sehingga unggul dalam menghadapi persaingan di dunia kerja, apalagi era MEA sudah mendekat.

Itulah, alasan yang tepat, kenapa Anda memilih pendidikan di POLITEKNIK.
Selain fasilitas praktek yang lebih lengkap, jam praktek lebih banyak, pendidikan POLITEKNIK menerapkan rencana belajar atau kurikulum-silabus yang fleksibel, yang link and match dengan kebutuhan industri atau dunia kerja. Masa studinya hanya tiga tahun, lebih pendek jika dibandingkan dengan masa studi di universitas yang rata-rata 4.5 tahun lebih.

Biaya Pendidikan
Biaya pendidikannya di POLITEKNIK KOTA MALANG terjangkau, karena memperoleh dukungan dari Pemerintah KOTA MALANG.

Come as friends stay as a family
Dalam rangka menumbuhkan sinergi kerjasama yang positif, tanpa melupakan pembinaan kompetensi individu, setiap calon mahasiswa yang datang ke POLTEKOM akan dianggap teman. Dan setelah bergabung, akan diperlakukan sebagai keluarga, agar mereka masing-masing mampu membekali diri mempersiapkan masa depannya dengan kompetensi yang tepat, sesuai minatnya.

Learn – Practice – Competence – Excellent
Suasana belajar mengajar dibentuk agar setiap mahasiswa dapat belajar dengan baik dan benar. Mahasiswa dapat praktek di laboratorium dengan fasilitas laboratorium yang mempunyai peralatan menyerupai dunia kerja. Ujian yang diberikan dengan maksud agar terjadi proses kendali mutu (quality control) bagi kompetensi masing-masing mahasiswa, maupun ketika mereka melaksanakan tugas dalam tim. Diharapkan dengan demikian, ketika mereka magang (apprenticeship) maupun setelah bekerja,akan dapat menunjukkan kompetensi yang dapat diunggulkan (excellent).

Selanjutnya, terserah Anda. Apakah Anda siap belajar teori dan praktek, siap lulus, berprestasi, berkompetensi, ber-attitude, melalui pendidikan vokasi di kampus POLITEKNIK KOTA MALANG, agar mampu menjadi tenaga profesional, yang mampu bersaing menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN ?
Sumber Artikel By informatika

Nah setelah ade-ade baca Latar Belakang dan cerita kaka kelas ade-ade semua tetang Politeknik Negeri tidak ada salah jika niat ade-ade semakin bulat untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik Negeri, dengan ilmu dan teknologi berkomposisi Teori 55% dan Praktek 45% agar ade-ade menjadi lulusan yang profesional dengan memenuhi kualifikasi industri yang saat ini berkembang.

Langsung saja silahkan ade-ade pelajari materi POLITEKNIK NEGERI dengan mendownload Arsip soal-soal yang kaka share di Lembaran Pengembang Pendidikan terlebih dahulu, buat bahan referensi belajar agar ade-ade bisa mengetahui,menguasai soal-soal POLITEKNIK NEGERI dari tahun ke tahun.

ARSIP NASKAH SOAL POLITEKNIK NEGERI


POLITEKNIK NEGERI SEMARANG

Arsip SPA POLINES 2015 [Klik Disini]
Arsip SPA POLINES 2014 [Klik Disini]
Arsip SPA POLINES 2016 [Klik Disini] Atau [Klik Disini]
Arsip SPA POLINES 2017 [Klik Disini] Atau [Klik Disini]
Arsip SPA POLINES 2018 [Klik Disini] Atau [Klik Disini]

Arsip PLN POLINES 2014 [Klik Disini]
Arsip PLN POLINES 2015 [Klik Disini]
Arsip PLN POLINES 2016 [Klik Disini]
Arsip PLN POLINES 2017 [Klik Disini]
Arsip PLN POLINES 2018 [Klik Disini]

Arsip UMPN POLINES 2014 [Klik Disini]
Arsip UMPN POLINES 2015 [Klik Disini]
Arsip UMPN POLINES 2016 [Klik Disini]
Arsip UMPN POLINES 2017 [Klik Disini]
Arsip UMPN POLINES 2018 [Klik Disini] belum tersedia

Arsip UM-PN POLINES 2017 [Klik Disini]
Arsip UM-PN POLINES 2018 [Klik Disini] belum tersedia

POLITEKNIK NEGERI JAKARTA

Asip Soal UMPN PNJ 2011 [ Klik Disini ]
Asip Soal UMPN PNJ 2012 [ Klik Disini ]
Asip Soal UMPN PNJ 2014 [ Klik Disini ]
Asip Soal UMPN PNJ 2015 [ Klik Disini ]
Asip Soal UMPN PNJ 2016 [ Klik Disini ]
Asip Soal UMPN PNJ 2017 [ Klik Disini ] Atau [Klik Disini]

POLITEKNIK NEGERI MALANG

Asip Soal UMPN POLINEMA 2016 [ Klik Disini ]
Asip Soal UMPN POLINEMA 2017 [ Klik Disini ]

POLITEKNIK NEGERI PADANG

Asip Soal UMPN POLINEPA 2015 [ Klik Disini ]
Asip Soal UMPN POLINEPA 2016 [ Klik Disini ]

POLITEKNIK NEGERI BANDUNG
Asip Soal UMPN POLBAN [ Klik Disini ]

POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA
Asip Soal UMPN POLSRI [ Klik Disini ]

Kunjungi Juga Arsip Soal kaka di Kumpulan Soal - Soal Kitah
    Sekian dulu Update dan Share kaka Tentang Arsip Naskah Soal Politeknik Negeri Se-Indonesia di Kumpulan Soal-soal Kitah. Semoga Arsip kaka bermanfaat dan semakin tambah bermanfaat untuk ade-ade semua, untuk bahan referensi belajar di sekolah maupun di rumah.Tak luput untuk selalu hormati bpk/ibu guru ade-ade semua dan juga selalu berbakti kepada kedua Orang Tua. Selamat belajar dan menempuh kesuksesan untuk masa depan.
    Aamiin

    Semoga bermanfaat buat ade-ade
    .:: GoodLuck ::.